.atas posting{ width: 578px; padding:10px 0px 10px 10px; background:#fff; margin:0px 0px 10px 0px; text-align:left; border:1px solid #ccc; } .atas posting .widget{ }

Apa itu Scoliosis | Informasi tentang scoliosis


Scoliosis bukanlah penyakit, scoliosis menggambarkan istilah  suatu  kelainan dari struktur tulang belakang.
di tandai oleh kelengkungan atau tulang belakang bengkok ke kiri / kanan menyerupai bentuk " S " yang akan nampak jika di lihat dari belakang. Kata scoliosis berasal dari bahasa Yunani, skolĂ­osis yang berarti "bengkok".
Scoliosis biasanya diklasifikasikan sebagai kelainan bawaan (terjadi saat lahir) dan scoliosis idiopathic, suatu kondisi yang tidak di ketahui penyebabnya, kasus skoliosis lainnya merupakan efek samping yang diakibatkan karena menderita kelainan tertentu, seperti Marfan sindrom, Down sindrom dan penyakit lainnya. 

Informasi terbaru meyakini bahwa Skoliosis adalah sebuah kombinasi dari masalah genetik dan cedera pada tulang belakang. Skoliosis biasanya banyak ditemukan pada wanita muda.

skoliosis di usia balita sulit untuk dikenali, skoliosis baru bisa diketahui apabila penderita sudah mulai beranjak dewasa. Gejala scoliosis biasanya tampak jelas pada usia 9-13 tahun.

Bentuk Scoliosis:
  • Kurva S:  lebih sering terjadi pada scoliosis idiophatic, di thoracal kanan dan lumbal kiri, ada kurva mayor dan kurva kompensatori.
  • Kurva C: umumnya di thoracolumbal, tidak terkompensasi, kemungkinan karena posisi membungkuk dalam waktu lama.
Scoliosis perlu ditangani dengan baik, karena bukan hanya masalah fisik saja yang akan di alami oleh penderita scoliosis ini seperti sesak napas di sebabkan Tulang belakang bengkok yang akan mengganggu fungsi paru-paru, tapi seiring dengan pertumbuhan badan si anak, scoliosis bisa mengganggu postur tubuh sehingga membuat penderitanya menjadi minder.


Penanganan penderita skoliosis lebih ditekankan pada pengobatan non operatif. Pengobatan scoliosis non operatif adalah dengan terapi latihan, diberikan terutama pada penderita scoliosis dengan sudut kurva yang ringan

Pengobatan Scoliosis

2 komentar: Leave Your Comments

  1. bagaimana cara mudah mengobati seseorang yang sudah terlanjur scoliosis?

    BalasHapus
  2. Apakah penderita scoliosis,bisa di sembuhkan,mohon petunjuk lebih lanjut,

    BalasHapus