.atas posting{ width: 578px; padding:10px 0px 10px 10px; background:#fff; margin:0px 0px 10px 0px; text-align:left; border:1px solid #ccc; } .atas posting .widget{ }

Penyakit Vertigo

Definisi
APA ITU VERTIGO
Perkataan vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar . Pengertian vertigo adalah : sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif).Wikipedia

Sebagian besar kasus vertigo terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat.


PENYEBAB VERTIGO
Beberapa penyebab vertigo diantaranya :
1. Masalah Gangguan telinga bagian dalam.

Vertigo jenis ini terjadi karena masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, dan dikenal pula sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)  adalah peradangan ada telinga bagian dalam (labirintis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan vertigo, seperti meniere disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain. Rasa pusing akibat vertigo jenis ini biasanya menghilang dalam beberapa menit.
2. Gangguan Visual mata

Mata membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh, sehingga masalah pada penglihatan bisa menyebabkan gangguan keseimbangan dan memicu vertigo. Penyebab verigo akibat adanya gangguan sistem visual biasanya dicetuskan oleh situasi yang ramai, banyak orang atau benda yang lalu lalang.

3. Gangguan sistem saraf pusat
Sistem saraf pusat mengatur rasa keseimbangan. Gangguan sistem saraf pusat oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo. Terkadang vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan, sebagai akibat pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Biasanya vertigo yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen ke otak ini akan disertai dengan mual dan muntah-muntah.

Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

4. Peradangan atau infeksi
Infeksi seperti pilek, flu, atau peradangan lain dapat mempengaruhi telinga bagian dalam dan mengakibatkan vertigo.

5. Migren
Migren sebenarnya merupakan jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan migren bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.

Penyebab Vertigo lainnya adalah
  • Keadaan lingkungan, motion sickness (mabuk darat, mabuk laut) 
  • obat-obatan, 
  • alkohol, 
  • kelainan sirkulasi Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler.

Kata Kunci pencarian :
Apa itu vertigo
Penyakit vertigo
Penyebab vertigo
Gejala vertigo
vertigo bisa jadi gejala awal Stroke

1 komentar: Leave Your Comments